Ilustrasi

Seruu.Com- Bagi Anda pecinta kegiatan trekking, tentu kegiatan ini adalah sesuatu hal yang menantang. Trekking adalah kegiatan yang mendebarkan serta memacu adrenalin. Anda akan memasuki hutan rimba belantara, menyusuri sungai, dan tentu juga meresapi pesona alam dari dekat.

Tidak hanya stamina, trekking juga akan menguji nyali dan kemampuan berpikir Anda selama perjalanan. Serunya menjelajahi alam liar akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, sekaligus traveliing yang mendebarkan dengan cara yang berbeda.
1. Bawa Perbekalan Yang Cukup
Perbekalan seperti makanan dan air merupakan barang wajib yang harus Anda bawa saat trekking. Siapkan perbekalan secukupnya untuk mengisi kembali stamina Anda.
 
Selain jumlahnya yang cukup, ada baiknya Anda juga menghemat perbekalan. Minumlah seperlunya, jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit. Hal itu untuk menjaga tubuh Anda dari dehidrasi.
 
Makanan pun harus dihemat. Makanlah saat Anda benar - benar lapar, namun jangan sampai kekenyangan. Saat bersama rombongan, atur kembali jumlah perbekalan dan perhitungkan jumlahnya untuk persedian selama di jalan.
 
2. Tentukan Rute
Perlu diingat, menentukann rute sebelum trekking adalah hal yang sangat penting. Setelah mendapat peta atau masukan dari petugas 
kehutanan setempat, Anda bisa memulai untuk memperhitungkan jumlah waktu selama trekking, dengan patokan rute - rute yang akan dilalui.
 
Selain itu, ada banyak alternatif jalan yang dapat Anda lalui selama trekking berlangsung. Pilihlah rute dengan medan yang sekiranya dapat Anda lewati.
 
Jangan mengambil risiko dengan membuka jalan baru. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada keselamatan Anda dan tim.
 
3. Perhatikan Cuaca
Dalam kegiatan trekking yang menghabiskan waktu di alam, cuaca menjadi faktor utama untuk memulai kegiatan ini.
 
Jika cuaca buruk, seperti hujan atau badai, maka jangan ragu untuk menghentikan atau tidak melakukan trekking terlebih dulu.
Cuaca memang sulit untuk ditebak, bisa saja hari ini panas dan besok tiba - tiba hujan badai. Untuk itu, ada baiknya Anda melihat ramalan cuaca atau bertanya kepada masyarakat sekitar tentang cuaca terbaik untuk melakukan trekking.
 
Siapkan pula ponco, rain cover untuk melindungi tas, dan juga obat - obatan yang akan membantu Anda untuk menjaga kondisi tubuh jika terjebak hujan selama di jalan.
 
4. Pakai Pakaian Yang Nyaman
Meski dianggap sepele, pakaian ternyata mempunyai pengaruh yang besar dalam kegiatan trekking. Pakaian yang aman dan nyaman akan sangat membantu Anda menyelesaikan perjalanan.
 
Beberapa kriteria pakaian yang nyaman dan aman adalah kaos yang menyerap keringat dan mudah dipakai untuk bergerak, serta celana kargo 
yang ringan tapi melindungi.
 
Selain dari pakaian, ada juga beberapa perlengkapan lain yang akan menunjung Anda selama perjalanan, yaitu sepatu yang pas dan juga topi untuk melindungi dari teriknya sinar Matahari.
 
5. Perkirakan Lama Waktu Perjalanan
Mungkin, Anda tidak memperhatikan betapa pentingnya dalam menentukan lama waktu selama di jalan. Padahal, dalam menentukan waktu perjalanan selama trekking, Anda dapat membuat perhitungan dalam perbekalan selama perjalanan. Hal ini merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
(ys)

Peraturan Komentar