Ilustrasi

 Seruu.Com- Sukseskan Pendakianmu dan jangan sia - siakan waktu yang telah Anda berikan untuk alam. Untuk itu, ada beberapa tips agar pendakian gunung akan sukses, selamat hingga pulang kembali

Salah satu cara agar sukses dalam mendaki gunung adalah perencanaan yang matang tentang rute pendakian. Karena rute pendakian di gunung berbeda dengan hanya jalan- jalan semata.
Siapkan fisik Dan Mental
Rata - rata pendaki bisa berjalan kira - kira 8 -16 Km per harinya dengan membawa ransel yang penuh. Itu butuh ketahanan fisik dan mental yang kuat.
 
Bila Anda belum pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya, ada baiknya untuk mempersiapkan fisik dan mental minimum satu minggu sebelum pendakian.
 
Medan
Medan dan kondisi dari jalan setapak akan mempengaruhi fisik seorang pendaki. Tambahkan atau lebihkan perencanaan waktu pendakian. Jangan dibuat waktu yang pas - pasan. 
 
Jangan Memaksa 
Hari pertama di alam bebas merupakan hari penyesuaian diri dengan ransel, sepatu, dan gerakan fisik. Jika sudah lama tidak melakukan pendakian, sebaiknya melakukan latihan fisik sebelumnya.
 
Anda diharuskan untuk beristirahat sekitar 5 sampai 10 menit setelah menempuh 1,5 sampai 2 jam pendakian. Hal ini penting untuk dilakukan bila ingin tetap selamat sampai ke puncak gunung.
 
Istirahat
Pada gunung yang memiliki jalur pendakian yang cukup panjang, ada baiknya menambahkan satu hari untuk bersantai agar tubuh tidak terlalu letih.
 
Contohnya, jika mendaki Gunung Rinjani atau Semeru, ada baiknya menyisakan satu hari penuh untuk bersantai di Danau Segara Anak atau Danau Ranu Kumbolo. 
Sadar Diri
 
Hindari membuat rencana pendakian melebihi kemampuan fisik dan pengetahuan tentang pendakian gunung yang dimiliki agar target pendakian bisa tercapai.
 
Alternatif
Pada saat merencanakan pendakian, ada baiknya juga menambah rute cadangan sebagai alternatif jika jalur utama tidak bisa digunakan karena suatu hal.
 
Buang Rasa Ego
Gunung - gunung di Indonesia memiliki mitos - mitos tersendiri yang harus dicermati. Jadi, jika pemandu jalan melarang kita untuk tidak buang air kecil dan buang sampah sembarangan maka ikutilah perintahnya.
 
Maka dari itu, rencanakanlah setiap perjalanan Anda dengan matang. Hal tersebut dapat mengurangi resiko serta membuat perjalanan Anda mengesankan. (Ys)

Peraturan Komentar