Jakarta, Seruu.Com - Pebalap nasional Rifat Sungkar yang memperkuat tim Pertamina Prima XP akan mencoba keberuntungan pada kejuaraan Reli Dunia 2012 setelah mampu merebut posisi tiga Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2011.

Anak pasangan Helmy dan Ria Sungkar yang akan berpasangan dengan co-driver Scott Beckwith itu kemungkinan besar akan turun dienam seri reli dunia (WRC) yang rencananya digelar mulai Maret hingga November nanti.

"Kejuaraan ini adalah hal yang baru bagi saya. Tentunya saya harus banyak belajar dan harus cepat beradaptasi. Mohon doa restu saja saat mulai turun nanti," kata Rifat di Jakarta, Minggu (26/2).

Menurut dia, untuk bersaing di level yang lebih tinggi dibandingkan balapan sebelumnya, diperlukan persiapan yang jauh lebih ketat dibandingkan sebelum balapan-balapan sebelumnya. Bahkan dirinya harus melakukan kursus reli singkat di Finlandia.

Dengan prestasi dan pengalaman yang diraih sebelumnya, suami dari Sissy Pricilia itu mengaku tidak ada masalah lagi untuk turun disebuah kejuaraan. Namun dirinya mengakui jika lawan yang harus dihadapi WRC� adalah pebalap kelas dunia.

"Saya berharap bisa memberikan hasil terbaik. Ini adalah peluang untuk mengharumkan nama bangsa," kata Rifat menambahkan.

Dengan turunnya dikejuaraan reli dunia, maka sudah ada dua pebalap Indonesia yang berpartisipasi. Sebelumnya Subhan Aksa juga turun di kejuaraan yang sama dengan yang akan diikuti oleh Rifat Sungkat/Scott Beckwith.

Sesuai jadwal yang ada, pasangan Rifat Sungkar/Scott Beckwith akan turun pertama kalinya di seri Portugal, 29 Maret hingga 1 April. Setelah itu disusul seri Acropolis, 25-27 Mei. Untuk seri tiga akan digelar di Jerman, 22-26 Agustus nanti.

Setelah seri Jerman, Rifat Sungkar/Scott Beckwith akan menjalani seri empat di Prancis, 4-7 Oktober. Selanjutnya seri lima di Italia, 18-21 Oktober dan seri enam atau terkahir akan digelar di Spanyol, 1-4 November mendatang.

Saat menekuni dunia reli, anak pasangan Helmy dan Ria Sungkar ini juga menekuni dunia drifting. Drifting merupakan salah satu nomor dari balap mobil. Hal pembeda dengan balapan lain adalah lebih kental segi hiburan. [ant]

Peraturan Komentar