Mobil Esemka

Seruu.com - Esemka, mobil produksi siswa-siswa anak sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo, hari ini Jumat (24/2), akan melakukan perjalanan jauh dari Solo ke Jakarta. Selain menjalani test drive, nanti di Serpong, Tangerang, Banten, mobil yang diharapkan menjadi cikal-bakal mobil nasional itu akan melakoni serangkaian uji coba, termasuk uji emisi.

Mobil yang menjalani test drive hari ini adalah jenis SUV Rajawali 1.500 cc. Acara dilepas oleh Wali Kota Solo Joko Widodo di area Solo-Technopark. Yang mengemudikan mobil produksi anak bangsa itu adalah Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, didampingi anggota Komisi I DPR dari Fraksi Demokrat, Roy Suryo. Di area Solo-Technopark sendiri sudah dipenuhi ratusan siswa SMK yang turut melepas test drive mobil Esemka. Dalam menempuh jarak Solo-Jakarta, mobil akan istirahat setiap 100 kilometer.

Sebelum diberangkatkan, mobil terlebih dulu menjalani pengecekan, di antaranya fungsi rem dan lainnya. FX Hadi meyakini test drive akan berjalan mulus, bahkan uji emisi akan lolos. Hadi berharap setelah uji emisi nanti bisa dilanjutkan dengan produksi massal untuk kepentingan masyarakat luas.

Ilham, siswa SMK di Solo, yang ikut merakit mengaku sangat bangga atas sambutan masyarakat banyak atas mobil Esemka. Ilham mengatakan mobil Esemka itu murni hasil karya anak bangsa. Menurut Ilham, kendala ke depan yang kemungkinan dihadapi adalah soal produksi dan kesibukan anak-anak dengan urusan sekolah.

Esemka mulai melejit setelah Wali Kota Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi memutuskan menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinasnya, bersama sang Waki Wali Kota FX Hadi Rudyatmo pada awal Januari silam. Sejak itu mobil Esemka menjadi perbincangan masyarakat luas. Bahkan banyak pihak memesan Esemka, termasuk para elite politik.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar