Makau, Seruu.Com - Tim putri Indonesia akan menghadapi lawan berat China, yang menjadi juara Grup W, pada perempat final kualifikasi kejuaraan bulu tangkis beregu putri Piala Uber Zona Asia setelah berakhir sebagai runner-up Grup Y, Rabu (15/2) malam.

Adriyanti Firdasari dan kawan-kawan menjadi runner-up setelah kalah 2-3 dari Thailand, yang akhirnya menjadi juara grup dan akan melawan Malaysia, runner-up Grup W, pada babak delapan besar.

Kekalahan pasangan bukan reguler Liliyana Natsir-Meiliana Jauhari dari ganda putri Thailand Saralee Thoungthongkam-Kunchala Voravichitchaikul 18-21, 19-21 membuat Indonesia tertinggal 1-3 dari Thailand, yang sekaligus memastikan Thailand keluar sebagai juara Grup Y.

"Anak-anak sudah berusaha maksimal dan sudah menunjukkan perjuangan. Putri kalah dari Thailand harus diterima karena itu hasil yang maksimal," ujar wakil manajer tim Indonesia bidang media dan publik Yacob Rusdianto.

Yacob mengatakan bahwa perhitungan tim sudah bagus karena tim tersebut punya peluang untuk menang. Para pemain tunggal, Adriyanti Firdasari, Linda Wenifanetri dan Bellaetrix Manuputty, telah menunjukkan permainan yang menyulitkan lawan. "Kalau pun (Linda dan Bella) kalah, kalahnya tipis," katanya.

Pertemuan dengan China pada babak perempat final membuat peluang tim putri Indonesia untuk maju ke semifinal --yang dipastikan lolos ke putaran final di Wuhan, China Mei mendatang--kecil.

Meski demikian, kata Yacob, peluang masih terbuka, dan pihaknya berharap mendapat kesempatan untuk maju ke putaran final melalui babak playoff yang menentukan peringkat lima hingga delapan bagi tim-tim yang tidak lolos ke semifinal.

"Saya berharap ada kesempatan maju ke putaran final melalui babak playoff penentuan peringkat lima hingga delapan, seperti juga yang terjadi dua tahun lalu," katanya.

Dua tahun lalu, tim peringkat kelima zona Asia akan diadu peringkat dengan tim urutan kelima zona Eropa untuk menentukan tim yang lolos ke putaran final mendampingi empat tim yang lolos kualifikasi.

Saat menghadapi Thailand, kemenangan Adriyanti Firdasari atas Ratchanok Inthanon 21-16, 23-21 membuka harapan tim Indonesia untuk meraih kemenangan atas tim Negeri Gajah Putih itu.

Namun perjuangan dua tunggal berikutnya, Linda Wenifanetri dan Bellaetrix Manuputty, yang harus bermain rubber-game meskipun akhirnya kalah, membuat Indonesia tertinggal 1-2.  Linda kalah oleh Porntip Buranaprasertsuk 18-21, 21-10, 18-21, sedang Bella kandas di tangan Sapsiree Taerattanachai 12-21, 21-14, 11-21.

Kekalahan pasangan Liliyana Natsir-Meiliana Jauhari memastikan kemenangan tim Thailand 3-1 atas Indonesia, meskipun Indonesia akhirnya menambah satu angka dengan kemenangan pasangan Nitya Krishinda-Anneke Feinya Agustin atas lawan mereka savitree Amitrapai-Sapsiree Taerattanachai yang tidak melanjutkan pertandingan setelah memimpin 4-3. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar