Firdasari

Seruu.com - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Adriyanti Firdasari tidak akan bermain dalam pertandingan pertama kualifikasi Piala Uber Zona Asia melawan Sri Lanka di Makau pada Senin (13/2/2012). Tim Indonesia memutuskan untuk tidak menurunkan Firdasari melainkan tiga pemain lainnya yakni Maria Febe Kusumastuti, Linda Wenifanetri, dan Bellaetrix Manuputty untuk mengawali laga dalam Grup Y tersebut.

"Pertimbangannya adalah harus memenangi pertandingan dan sebagai pemanasan," ujar Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto yang juga wakil manajer tim Indonesia bidang media dan publik.

Yacob mengatakan bahwa tim memilih menurunkan Firdasari pada pertandingan kedua dalam babak grup melawan Kazakhstan sebagai pemanasan untuk menghadapi Thailand, yang dianggap lawan terberat dalam Grup Y, pada Rabu (15/2).

"Dia akan diturunkan lusa melawan Kazakhstan agar ketika bertemu Thailand (hari berikutnya) sudah panas," kata Yacob.

Senada dengan Yacob, pelatih tunggal putri Wong Tat Meng mengatakan bahwa pertandingan melawan Sri Lanka dan Kazakhstan lebih menjadi ajang pemanasan dan untuk melihat kesiapan pemain.

Meski demikian, sektor ganda akan menurunkan dua pasangan regulernya Greysia Polii-Meiliana Jauhari dan Nitya Krishinda-Anneke Feinya Agustin pada laga pertama.

Kualifikasi Piala Uber Zona Asia diikuti 13 negara yang dibagi ke dalam empat grup. Indonesia berada dalam Grup Y bersama Thailand, Sri Lanka, dan Kazakhstan.

Selain tim putri, tim putra Indonesia juga akan mengawali laga kualifikasi Piala Thomas pada Senin sore melawan tuan rumah Makau pada pertandingan pertama Grup B.

Tim Piala Thomas Indonesia berada dalam Grup B bersama India, Singapura, dan Makau dalam kualifikasi Piala Thomas yang diikuti 14 negara termasuk juara bertahan dan tuan rumah China tersebut. [ndis]

Peraturan Komentar