Mitsubishi

Seruu.com - Produsen otomotif Mitsubishi Motors Corp menghentikan produksinya di Eropa pada tahun 2013 mendatang seiring tekanan krisis utang global. Produsen asal Jepang ini akan memfokuskan untuk negara berkembang.

"Mitsubishi telah membuat Colt dan kendaraan jenis SUV di pabrik Belanda, tetapi kami akan berunding dengan pekerja dan pemerintah Belanda untuk mengakhiri itu," ujar sumber yang mengetahui transaksi tersebut seperti ditulis harian bisnis Nikkei, Tokyo, Senin (06/2/2012).

Produksi mobil Mitsubisihi Belanda, atau NedCar, turun tajam jauh di bawah kapasitas 200.000 mobil per tahun. Hal ini membuat Mitsubishi mengalami rugi operasi sekitar 11,4 miliar yuan (US$ 148,85 juta) pada periode April-Desember.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan, Mitsubishi telah mencoba berbagai strategi untuk kelanjutan Nedcar. Sayangnya hingga kini, belum ada keputusan terkait upaya penyelematan tersebut.

Para pengamat industri menyatakan, Mitsubishi Motors sebaiknya mengakhiri produksi di fasilitas yang mempekerjakan sekitar 1.500 orang tersebut.  Perusahaan diharapkan menggeser fokusnya pada pasar negara berkembang, termasuk membangun pabrik baru di Thailand atau menjajaki kerjasama dengan produsen Rusia. [mus]

Peraturan Komentar