Angelo Dundee (Reuters)

Seruu.com - Pelatih tinju legendaris Angelo Dundee meninggal dunia di Florida, Amerika Serikat, hari Rabu (1/2), pada usia 90 tahun.

 

Dundee, yang dikenal sebagai pelatih Muhammad Ali selama 20 tahun, dilaporkan terkena serangan jantung setelah dibawa ke rumah sakit karena mengalami penyumbatan darah.

Ia sukses mengantarkan Ali memenangkan pertandingan-pertandingan besar, di antaranya laga yang lebih dikenal dengan "The Rumble in the Jungle" melawan George Foreman pada 1974.

"Seluruh anggota keluarga berada di sampingnya. Kami kehilangan tokoh besar," kata Jimmy Dundee, anak Angelo Dundee seperti diwartakan BBC, Kamis (2/2/2012).

Nama Dundee tidak bisa dipisahkan dari Ali meski sepanjang kariernya ia pernah melatih 15 juara dunia, termasuk Sugar Ray Leonard, George Foreman, dan Jimmy Ellis.

Ia lahir di Philadelphia dan bertemu Ali setelah Ali menyabet medali emas Olimpiade 1960 di Roma.

Dundee membantu Ali memenangkan pertandingan kelas berat pertama Ali melawan Sonny Liston pada 1964.

Di bawah arahan Dundee, Ali tiga kali menjadi juara dunia di kelas berat.

Ia juga menjadi tokoh penting di balik kemenangan Ali atas Henry Cooper dalam pertandingan di London pada 1963.

Ali, yang ketika itu masih memakai nama Cassius Clay, berhasil dipukul jatuh oleh Cooper. Wasit tidak langsung menyatakan Cooper sebagai pemenang karena lonceng tanda ronde berakhir, berbunyi.

Dundee menyobek salah satu sarung tinju Ali dengan tujuan ronde berikutnya bisa ditunda sejenak, sementara Ali berupaya bangkit.

Strategi ini membuahkan hasil karena Ali kemudian bisa memenangkan pertandingan.

Dundee hadir dalam pesta ulang tahun Ali yang ke-70 bulan lalu dan promotor Bob Arum mengatakan tadinya ia berencana mengundang Dundee dalam acara amal pada 18 Februari ini, yang dibintangi Ali.

"Ia pribadi yang luar biasa. Dundee adalah motivator ulung sepanjang masa. Ia bisa membalikkan keadaan. Itulah sebabnya Ali sangat mencintainya," kata Arum. [bbc]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar