ilustrasi (Ist)

Seruu.com - Trekking dan hiking bisa menjadi alternatif olah raga mengasyikkan sambil menikmati keindahan alam. Walaupun sama-sama merupakan kegiatan outdoor, tapi kedua kegiatan tersebut berbeda makna.

Trekking biasanya merujuk pada suatu kegiatan jalan-jalan di alam bebas ke daerah yang belum dikenal atau bahkan belum dipetakan, sehingga lebih menantang bagi para petualang. Sedangkan hiking umumnya ditujukan sebagai sarana olah raga dan rekreasi. Jalurnya pun sudah tertata dan dipetakan, sehingga aman.

Buat Anda yang suka olah raga trekking atau hiking ini, tak ada salahnya membekali diri dengan ‘emergency survival kit’ untuk berjaga-jaga agar selalu aman sambil menikmati alam.

Emergency Survival Kit yang wajib dibawa:

• TAS: pilihlah tas ransel yang kuat dan tahan air tetapi tetap memiliki berat yang ringan agar tidak menyulitkan untuk dibawa

• BANDAGE atau KAIN BEBAT: bawalah gulungan kain bebat kecil untuk membebat cedera atau keseleo yang bisa saja terjadi tanpa terduga.

• PISAU LIPAT: pisau lipat berkualitas bagus dapat menjadi ‘penyelamat’ saat dibutuhkan dan menjadi benda penting saat perlu membuat api atau mencari makanan.

• PELUIT: alat tiup kecil ini sangat bermanfaat untuk membuat sinyal dalam keadaan darurat.  

• TABIR SURYA: kulit yang terbakar sinar matahari tentu saja tidak nyaman saat menikmati keindahan alam. Lebih tidak nyaman lagi bila Anda berada di suatu darurat. Selain rasa sakit, kulit yang terbakar dapat menimbulkan dehidrasi yang malah membuat keadaan memburuk! Aplikasikan tabir surya dengan benar secara teratur.

• KOREK API: bawalah korek api tahan air dan simpanlah daam tas kedap air atau simpan dalam kotak kedap udara agar selalu kering dan mudah digunakan bila diperlukan.

• SOLAR CHARGER: bila memungkinkan, bawalah ‘solar charger’ atau alat pengisi batere menggunakan tenaga sinar matahari yang akan berguna untuk mengisi batere ponsel atau kamera Anda saat diperlukan. [Debby LG]

Peraturan Komentar