Fernando Alonso (AP)

Seruu.com - Mantan juara dunia Formula One (F1) Fernando Alonso melancarkan perang urat syaraf bagi para rivalnya menjelang musim balap 2012 yang rencananya baru akan start sekitar dua bulan lagi. Alonso menyebut kualitas Sebastian Vettel masih kalah dari Lewis Hamilton.

Meski tidak mempunyai hubungan harmonis dengan  Lewis Hamilton semasa bertandem di McLaren tahun 2007 silam, namun akhir-akhir ini hubungan keduanya membaik seiring berjalannya waktu, Alonso yang kini menjadi driver Ferarri menilai bahwa level dan pengalaman Hamilton lebih baik ketimbang juara dunia 2010 dan 2011 milik Red Bull l.

Selama ini Hamilton mengalami kesulitan untuk merebut gelar juara dunia lagi sejak tahun 2008 silam, dan selalu dikalahkan oleh Vettel yang mendominasi Formula 1 dalam dua tahun terakhir. Bahkan Vettel mampu menjadi pebalap termuda sepanjang sejarah yang menjuarai F1 selama 2 tahun berturut-turut, mematahkan rekor Alonso di tahun 2005-2006.

"Lewis merupakan pebalap yang sangat cepat, agresif dan sangat fokus. Ia hanya tertarik pada kemenangan dan berbakat," ujar Alonso pada salah satu majalah Jerman, Sport Bild.

"Sebastian belum mencapai level tersebut. Saya tahu ia telah meraih gelar dunia dua kali, tapi saya rasa ia masih berada di bawah Lewis," tambah driver asal Spanyol ini.

Alonso berpendapat, peluang Hamilton untuk kembali ke puncak kejayaan akan bergantung kepada sejauh mana kemampuan McLaren menghasilkan sebuah mobil bisa kompetitif dengan mobil milik Red Bull atau Ferrari.

"Hamilton tidak memiliki musim Super tahun di 2011, siapa tahu apakah itu karena ban Pirelli atau faktor lain menyangkut kinerja mobil McLaren. Selain itu, tandemnya Jenson Button memiliki tahun yang besar. Semua faktor itu memberikan kesan bahwa Hamilton  menjalani musim yang kurang begitu baik," tuntas eks driver Renault tersebut.

Musim lalu Hamilton memang hanya berhasil menyelesaikan kejuaraan di posisi kelima dengan meraih tiga kemenangan. Sementara Alonso berada satu tingkat di atasnya, tapi hanya dengan satu kemenangan.[crash/is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar