Ilham Habibie

Gorontalo, Seruu.com - Putra Mantan Presiden RI Prof BJ Habibie, Dr Ilham Akbar Habibie, menyatakan mendukung penuh kreativitas anak-anak muda Indonesia yang berupaya mengembangkan mobil nasional. "Kehadiran mobil ESEMKA harus dijadikan sebagai momentum dan titik awal prototype kehadiran industri mobil nasional," katanya saat ditemui seusai pelantikan pengurus ICMI Orwil Gorontalo, Selasa (17/1).

Ia mengatakan mobil ESEMKA telah membangkitkan semangat dan emosi masyarakat untuk memiliki industri mobil yang tidak dikendalikan oleh pihak luar. "Itu merupakan ungkapan kerinduan masyarakat akan hadirnya mobil yang lisensi dan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dimiliki kita sendiri, tidak ditentukan pihak luar," katanya.

Presidium ICMI Pusat itu berharap, pemerintah memberi dukungan kepada usaha kreatif tersebut dengan mengupayakannya sebagai produk yang layak diproduksi secara massal. "Kita harus mengupayakan bagaimana mobil tersebut bisa layak diproduksi sekian juta unit dengan industrialisasi," katanya.

Selain mobil, Ilham juga melihat pentingnya anak bangsa mengembankan industri sepeda motor sendiri karena besarnya pasar di negeri ini. "Kita ini menjadi negara dengan potensi pasar motor terbesar ketiga, jadi sudah selayaknya punya motor sendiri," katanya.

Saat ini, lanjutnya, memang sudah berdiri industri perakitan motor di tanah air, namun sayangnya lisensi dan HAKI-nya dipegang negara lain. "Industri perakitan memang memberikan dampak dalam menampung tenaga kerja, namun dampaknya akan jauh lebih besar jika kita yang memiliki lisensi dan HAKI-nya, karena itu industri motor nasional juga harus dikembangkan," tegasnya. [ms]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar