Mark Webber (Daylife)

Seruu.com - Mantan pembalap Formula One (F1) Red Bull dan McLaren David Coulthard percaya pembalap asal Australia Mark Webber masih mampu mengembalikan peforma terbaiknya dan ikut dalam perebutan gelar juara F1 2012.

 

Webber masuk ke jajaran pembalap papan atas di musim 2010 silam, Webber berhasil menajdi salah satu dari empat pembalap yang mampu meraih seri dengan merebut empat kemenangan di musim itu dan akhirnya finish di posisi ketiga di klasemen akhir di belakang  rekan setimnya di  Red Bull Sebastian Vettel dan  driver Ferarri Fernando Alonso.

Namun, sinar Webber meredup di musim 2011, ia jauh tertinggal dari tandemnya Vettel yang keluar sebagai juara. Akan tetapi Webber selalu tampil konsisten di sesi kualifikasi dan berhasil mememnangi seri terakhir di GP Brasil.

"Saya telah melihat beberapa pertunjukan yang luar biasa dari Mark, dan dia seorang driver berani (menyalip Alonso di Sirkuit Spa). Saya hampir-hampir menjatuhkan mikrofon, karena saya pikir itu akan menjadi kecelakaan pesawat, " kata  Coulthard dikutip dari Autosport, Selasa (17/1/2012).

"Tapi dia berhasil melakukannya, dan dia pasti seorang pembalap besar," tambah komntator BBC ini.

Wajar bila Coulthard berkata seperti itu. Coulthard pernah menjadi partner Webber di Red Bull pada musim 2007 dan 2008. Menurutnya, pembalap asal Australia itu masih bisa bersaing untuk memperebutkan gelar juara F1.
 
"Salah satu kunci kekuatannya di masa lalu adalah catatan hasil di sesi kualifikasi. Jika anda berhasil mendapatkan kualifikasi yang bagus, maka anda akan menjalani lomba lebih mudah," tutur Coulthard.
 
"Sebab, bersama tim, anda harus memilih strategi yang tepat di trek. Menggeber mobil dalam udara bersih akan lebih muda ketimbang dalam udara kotor," lanjut pria yang pernah memperkuat Williams dan McLaren itu.

Coulthard menilai betapa pentingnya hasil kualifikasi yang baik. "Webber hanya perlu memperbaiki hasil di kualifikasi dan dia akan baik-baik saja selama lomba. Sebab, semua sisa ada di sana," harap pria asal Inggris ini.
 
"Namun tidak perlu dipertanyakan lagi, pada musim 2011, Webber memang tidak setangguh 2010. Anda tidak bisa menyembunyikan fakta itu dan Vettel mampu menambah rasa percaya diri dan tampil bagus di kualifikasi," tambahnya.
 
"Hasil itu yang membuat Vettel berhasil meraih begitu banyak kemenangan pada musim ini," pungkas Coulthard.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar