IKLAN BARIS
Senin, 24 April 2017
 
Konprensi Pers Indonesia Kart Prix 2012

Seruu.com - Puluhan pebalap tuan rumah Indonesia akan menantang pebalap-pebalap andalan asal Eropa dan Asia pada kejuaraan "Indonesia Kart Prix 2012" di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, 27-29 Januari nanti.

Kejuaraan bertaraf internasional ini merupakan event pertama IMI dalam kepemimpinan Nanan Soekarna. Pria yang juga menjabat Wakapolri itu terpilih sebagai ketua pada Munas IMI di Solo pertengahan Desember 2011 lalu.

"Menang benar. Ini adalah event pertama setelah saya menjadi ketua. Bahkan sampai saat ini saya masih sendirian karena susunan pengurus belum terbentuk. Meski demikian kejuaraan internasional ini tetap berjalan," kata Nanan Soekarna di Jakarta, Selasa malam.

Menurut dia, pebalap dari 14 negara dari Eropa seperti Italia, Denmark, Prancis, Belgia, Spanyol dan Inggris serta beberapa pebala handal Asia seperti dari Jepang, Filipina, Malaysia dan Thailand dipastikan hadir dan akan bersaing menjadi yang terbaik.

"Mereka (pebalap Eropa) telah konfirm untuk hadir di Indonesia. Yang jelas, pebalap yang hadir adalah yang terbaik dan sudah langganan juara," kata Nanan menambahkan.

Beberapa nama pebalap asal Eropa akan hadir seperti Antonio Giovinazzi, Eddie Cheever dan Stefano Cucco dari Italia, Esteban Ocon dari Prancis, Pedro Hiltbrand dari Spanyol serta pebalap asal Jepang, Saeki Arata.

Untuk tuan rumah juga akan mengandalkan pebalap yang telah kenyang pengalaman meski masih muda diantaranya Rio Haryano, Sean Galael, Zahir Ali, Senna Irawan, Anderson Martono serta pebalap perempuan Alexandra Asmasoebrata. Semua pebalap ini akan turun dikelas tertinggi yaitu KF2.

Selain kelas KFT, pada Indonesia Kart Prix 2012 juga akan dipertandingkan Rotax Juniot, Mini Rok dan Veteran (legenda). Khusus untuk kelas veteran beberapa nama yang tidak asing lagi dikancah balapan Indonesia yaitu Hutomo Mandala Putra, Ricardo Galael dan Adiguna Sutowo.

"Saya juga akan turun di kelas veteran. Memang saya sulit juara. Yang jelas saya ingin memberikan motivasi kepada pebalap muda untuk terus memacu prestasinya," kata Nanan.

Ia berharap dengan Indonesia Kart Prix 2012 itu akan memunculkan bibit-bibit baru pebalap nasional. Apalagi karting merupakan cikal bakal untuk menuju jenjang Formula Satu (F1).

Sementara itu Wakil Ketua Pelaksana Irawan Sucahyono mengatakan, kejuaraan ini akan mengunakan regulasi internasional termasuk melibatkan langsung induk organisasi dunia untuk karting yaitu CIK. Selain itu juga melibatkan FIA dan FIM.

"Pada kelas KF2 nantinya akan disiarkan secara langsung. Ada 34 yang akan turun di kelas ini. Jelas, persaingan akan ketat karena yang turun adalah pebalap kelas dunia," katanya.

Indonesia Kart Prix 2012 merupakan kejuaraan internasional yang pertama kali digelar di Indonesia. Rencananya kejuaraan ini oleh IMI akan dimasukkan menjadi agenda tahunan.
[ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar