Solo, Seruu.com - Mobil Kiat Esemka yang dirakit para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Solo Raya akan menjalani uji emisi di Jakarta, pekan ini.

Mobil Esemka menjadi populer setelah dipakai sebagai mobil dinas selama dua hari oleh Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy).

Kedua mobil rakitan para pelajar SMK itu merupakan generasi yang ketiga. Jadi sudah lebih bagus dibanding yang dirakit pertama dan kedua.

"Maunya kedua mobil yang akan dilakukan uji emisi ke Jakarta ini akan saya bawa sendiri bersama Pak Rudy, tetapi karena surat-suratnya belum keluar kemungkinan nanti akan dinaikan truk untuk ke Jakartanya," kata Wali Kota Surakarta Joko Widodo.

Ia menyampaikan soal tersebut di sela-sela menerima kunjungan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan Eko Nugroho Roto Rasito di Loji Gandrung rumah dinas Wali Kota Surakarta, Selasa (10/1).

Menyinggung tentang investor, Jokowi menyatakan semua boleh masuk. "Silakan kalau ada yang mau menjadi investor yang mempunyai uang dan bisa membangkitkan rasa kebanggaan bangsa ini," katanya.

Untuk investor memang sementara ini sudah banyak yang berminat. Namun, menurutnya, belum bisa diumumkan saat ini karena masih dalam perhitungan. "Untuk menentukan investor ini perlu pemikiran yang matang dan memang sekarang ini waktunya yang tepat untuk membangkitkan produk-produk anak bangsa," ujarnya.

Jokowi juga mengungkapkan banyaknya orang yang inden membeli mobil Esemka. Menurutnya, jumlahnya sudah cukup banyak mencapai 2.000 unit lebih. Pesanan antara lain datang dari Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo. Tjahjo memesan 30 unit, sedangkan Kosgoro 40 unit. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar