Sirkuit Sakhir (Daylife)

Seruu.com - Kondisi Bahrain yang belum kondusif karena pergolakan politik dan masih berlanjutnya kerusuhan  di kerajaan tersebut membuat Kelompok hak asasi manusia meminta otoritas tertinggi Formula 1 untuk memboikot Grand Prix Bahrain.

 

Grand Prix Bahrain yang digelar di Sirkuit Sakhir dipercaya menjadi host ajang 'Balap Jet Darat' musim 2012 ini setelah sebelumnya di musim 2011 dibatalkan karena situasi di negara itu yang tidak kondusif.  Rencananya, Bahrain akan menjadi negara keempat yang menjadi tuan rumah F1 dan berlangsung pada 22 April mendatang.

Namun, kemungkinan rencana negeri kaya minyak itu menggelar balapan  terancam kembali batal. Pasalnya, akhir pekan lalu, kelompok hak asasi manusia mendesak pihak F1 untuk memboikot balapan  untuk menunjukkan bahwa mereka "menghormati hak asasi manusia."

"Kami akan membuat kampanye untuk pembalap dan tim supaya mau memboikot ajang tersebut," ungkap wakil presiden HAM di Bahrain Nabeel Rajab.
 
"Pemerintah ingin menggelar Formula One untuk mengatakan kepada dunia luar semua sudah normal kembali. Jika mereka datang, maka mereka akan membantu pemerintah untuk mengatakan situasi sudah normal," lanjut Rajab.
 
"Kami meminta mereka tidak ikut ambil bagian. Saya yakin para pembalap dan tim menghargai HAM," tandasnya sebagaimana dilansir Autosport,  Selasa (10/1/2012).

Pihak panitia GP Bahrain sendiri langsung merespon sikap kelompok HAM tersebut, juru bicara  panitia GP Bahrain mengatakan pemerintah telah melakukan tidnakan untuk memastikan tidak ada pelanggaran hak asasi manusia.

"Tahun lalu, Raja Bahrain menugaskan sebuah laporan independen terhadap dugaan pelanggaran hak asasi manusia, temuan diterbitkan pada bulan November 2011," kata juru bicara Bahrain International Circuit.

"Grand Prix Bahrain merupakan bagian fundamental dari ekonomi lokal. Hal ini didukung oleh mayoritas orang dari semua lapisan masyarakat di Bahrain dan merupakan simbol persatuan nasional," tambahnya.

"Laporan independen menajdi tonggak untuk Bahrain dan sekarang kita akan bekerja tanpa lelah untuk memastikan race sukses besar," pungkasnya. [auto/is]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar