Seruu.com - Masa depan Grand Prix Valencia kini dalam kondisi terancam setelah pemerintah kota tersebut menginginkan adanya negosiasi ulang biaya balapan.

 

Sebagaimana diwartakan BBC, Sabtu (7/1/2012) Jose Ciscar, wakil presiden Generalitat Valenciana, mengatakan dia tengah melakukan sebuah ''kajian menyeluruh dan seksama'' atas anggaran acara besar kota itu.

Valencia memilki kontrak untuk menggelar balapan di sirkuit jalanan di kota pelabuhan hingga 2014.

Ciscar tidak menutup kemungkinan untuk membatalkan balapan. ''Kami tidak mendiskon apapun''.

Dia juga mengatakan dia akan menghubungi bos F1 Bernie Ecclestone untuk membicarakan keinginan kota ini.

Kebijakan ini membuat Valencia, yang harus membayar ke kawasan sebesar 25 juta Euro setahun untuk menggelar grand prix, menjadi balapan kedua yang meminta Ecclestone untuk mengurangi biaya F1.

Korea, yang membuat debut balapan F1 di kalender tahun 2010 juga mempertimbangkan masa depan balapan.

Juga ada kekhawatiran atas dua balapan di kalender 2012 - Bahrain karena kekerasan yang berlanjut di kawasan Teluk dan Grand Prix AS, dalam hitungan penundaan karena masih membangun jalur lintasan di Austin, Texas.

Valencia, yang menggelar balapan F1 pertama kali tahun 2008, adalah salah satu dari dua balapan di Spanyol - satunya lagi berlangsung di Circuit de Catalunya dekat Barcelona.

Ecclestone kini menghadapi tekanan untuk mengurangi jumlah balapan yang ada untuk balapan di musim mendatang. Tim balap sebelumnya menyatakan mereka berkeberatan jika harus mengikuti lebih dari 20 balapan di kalender balapan tahun 2012.

Sebuah balapan kedua di AS akan berlangsung di New Jersey, selanjutnya yang tengah menjajaki adanya balapan di AS adalah New York City, yang dijadwalkan untuk tahun 2013, sementara Rusia memiliki sebuah kontrak untuk menggelar balapan di kawasan wisata Laut Hitam, Sochi mulai tahun 2014.

Dan pada Jumat kemarin, koran Prancis Le Figaro melaporkan bahwa Grand Prix Prancis, yang menghilang dari kalender balapan sejak tahun 2008, dikabarkan akan kembali di tahun 2013.

Ecclestone baru-baru ini mengatakan bahwa dia mengharapkan balapan di Eropa akan berkurang dari delapan saat ini menjadi lima di tahun mendatang.

Valencia adalah salah satu balapan yang kurang populer, karena sirkuitnya dianggap tidak menantang bagi pembalap dan menciptakan sedikit aksi di lintasan. [BBC]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar